Jumat, 22 Juli 2011

Makanan Yang Sehat buat Golongan Darah B

Persoalan yang dihadapi golongan darah B untuk mempertahankan berat badan yang sehat, mengatur gula darah dan mencapai keseimbangan metabolisme adalah kelemahan terhadap lectin B tertentu dalam makanan yang dipilih.
Faktor kedua yang mempengaruhi keseimbangan metabolisme terdiri dari makanan yang mengandung antigen lawan ( contohnya antigen A ) dan kolonisasi dalam usus oleh bakteri anti B. faktor – faktor ini dapat memperbesar resistensi insulin. Lectin dapat menjadi sebab resistensi insulin, yang mengakibatkan peningkatan berat badan, penyimpanan cairan dan hipoglikemia.
Ada beberapa makanan yang cocok dan tidak cocok dengan golongan darah B, misalkan daging domba muda, daging kelinci, daging kambing sangat bermanfaat bagi golongan darah B. Sedangkan daging ayam tidak cocok dengan golongan darah B sebab di dalam organ ayam mengandung lectin yang menyebabkan resistensi insulin.
Ikan/seafood merupakan sumber DHA (docosahexaenoic acid) yang bagus untuk pertumbuhan, syaraf dan jaringan. Ikan yang cocok untuk gol darah B yaitu : ikan cod, halibut,mackerel,sardin,cumi-cumi, ikan patin. Sedangkan yang tidak cocok yaitu : udang, kepiting,belut,kodok,remis,tiram.
Susu dan telur sangat bagus dikonsumsi golongan darah B untuk membangun jaringan massa aktif dan menambah kecepatan metabolisme.
Golongan darah B sangat cocok dengan minyak tak jenuh tunggal, misalnya : minyak zaitun dan minyak biji rami yang banyak mengandung rangkaian asam lemak omega.Sedangkan yang tidak cocok yaitu : minyak wijen,bunga matahari dan minyak jagung yang banyak mengandung lectin.
Lectin yang terkandung dalam jagung, gandum hitam, soba dapat meningkatkan lemak tubuh bagi golongan darah B.
Jamur sangat bermanfaat sebab dapat menstimulasi pelepasan insulin dari pankreas dan membantu penggunaan insulin secara tepat.

Golongan darah B membawa sifat genetik yang secara potensial
memiliki tingkat adaptasi yang sangat baik dan kesanggupan mengatasi kondisi
yang mudah berubah. Mereka yang bergolongan darah B, rentan terhadap efek dari
stress tingkat tinggi, seperti infeksi virus dan bakteri kronis. Penyakit yang
mengintai orang bergolongan darah B adalah diabetes tipe 1, sindrom letih lesu.
Untuk golongan darah B, dianjurkan mengkonsumsi banyak mengkonsumsi protein dan sedikit produk susu. Selain itu, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi daging ayam, jagung dan udang. Herbal yang sebaiknya dikonsumsi oleh golongan darah B adalah ginseng.

Daftar Makanan Yang Bermanfaat
Daging & Unggas

Daging domba
Daging kelinci
Daging kambing
Daging rusa

Ikan & Seafood

Halibut
Ikan lidah
Salem
Sarden
Telur ikan

Telur & produk susu

Kefir
Keju cottage
Keju india
Keju kambing
Keju mozzarella
Susu kambing
Susu sapi
Yoghurt

Kacang-kacangan

Beras
Bubur gandum oat
Kenari hitam
Kue beras
Oatmeal
Kulit beras

Sayur & Buah

Anggur
Bit
Brokoli
Jinten
Kecambah
Kembang kol
Kentang manis
Kubis
Nanas
Papaya
Peterseli
Pisang
Plum
Wortel

Bumbu & Herbal

Bumbu kari
Ginseng
Jahe
Peppermint

Lain-lain

Bubuk cabai
Jus dari sayur dan buah
yang bermanfaat
Minyak zaitun
Teh hijau

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts With Thumbnails v3